PROFIL

Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 5 menyebutkan “Tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan”. Dan di ayat 6 disebutkan “Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan” serta di ayat 10 disebutkan “Satuan pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan”
---- :: Selamat Datang di website Dewan Pengurus Daerah Kalimantan Timur Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia Pendidikan Non Formal (DPD HISPPI-PNF KALIMANTAN TIMUR) :: ---

JAMBORE PTK PNF


Dalam rangka peningkatan mutu PTK-PNF, sejak tahun 2007 Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen. PMPTK), melalui Direktorat PTK-PNF telah memberikan penghargaan kepada PTK-PNF yang berprestasi melalui Jambore 1000 PTK-PNF, dimana kegiatannya adalah Lomba Karya Nyata (LKN), Lomba Karya Tulis (LKT), Perlombaan Olahraga dan Seni (Porseni). Pada tahun 2010 Ditjen. PMPTK kembali akan memberikan penghargaan kepada PTK-PNF yang dikemas dalam Jambore 1000 PTK-PNF Tingkat Nasional yang akan diawali dengan Jambore PTK-PNF Tingkat Provinsi seluruh Indonesia.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut Dinas Pendidikan Kota Samarinda akan menggelar Lomba bagi seluruh PTK-PNF yang berada di wilayah Kota Samarinda, dimana Juara pertama dari lomba tersebut yang akan mewakili Kota Samarinda untuk Jambore tingkat Provinsi di Kalimantan Timur.

Ada 14 jenis PTK-PNF dan kategori yang dilombakan yaitu :

1. Tutor PAUD –> Pembelajaran Gerak dan Lagu Anak Usia Dini
2. Tutor Pendidikan Kesetaraan –> Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan
3. Pengelola PKBM –> Manajemen PKBM Berbasis Kewirausahaan
4. Pengelola TBM –> Manajemen TBM yang Mandiri dan Berkelanjutan
5. Pamong Belajar –> Model Pembelajaran Berwawasan Lingkungan, Sosial, Budaya dan Ekonomi (EfSD)
6. Penilik –> Model Penjamin Mutu Program PNF
7. Pengelola IT –> Pengelolaan Blog PTK-PNF
8. Pengelola Kursus –> Manajemen Kursus Berbasis Muatan Lokal
9. Pengelola PAUD –> Pengelolaan Posyandu Terintegrasi PAUD
10. Instruktur Kursus Seni Musik –> Cipta lagu Hymne PTK-PNF
11. Tutor Pendidikan Keaksaraan –> Pengembangan Alat Evaluasi untuk mendapatkan SUKMA
12. Instruktur Bahasa Inggris –> Model Pembelajaran Bhs. Inggris yang efektif dan inovatif
13. Instruktur Senam –> Pembelajaran Senam Aerobik
14. Instruktur Tata Rias –> pembelajaran Tata Rias Pengantin Daerah

Bagi PTK-PNF di wilayah Kota Samarinda yang berminat untuk berkompetisi dalam Lomba tersebut diharapkan untuk dapat mengumpulkan karya tulisnya paling lambat tanggal 11 Mei 2010.

Lomba untuk Kota Samarinda dijadwalkan tgl 14-16 Mei 2010.

Posting Komentar